KLHK BUKA KERAN KERJA SAMA DENGAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Balai Penerapan Standar LHK Palembang. __ Kerjasama antara KLHK dengan dunia pendidikan, utamanya pendidikan tinggi memegang peranan penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan bidang LHK di tapak. Berkaitan dengan hal tersebut, pada  tanggal 3 Mei 2022 digelar pertemuan audiensi membahas rencana kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring tersebut selain dihadiri oleh jajaran pimpinan UIN Raden Fatah juga dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan KLHK beserta Kepala-kepala UPT KLHK lingkup Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran.  Selama audiensi ini, kedua belah pihak memaparkan potensi apa saja yang dapat dikerjasamakan.

Kepala Biro Perencanaan, Apik Karyana, mengatakan saat ini kerja sama di Kementerian LHK sudah mempunyai payung hukum yang baru yaitu Peraturan Menteri LHK nomor 3 tahun 2022 tentang Kerja Sama Dalam Negeri dan ada 13 bidang kerja sama di KLHK yang diatur yaitu, planologi kehutanan dan tata lingkungan, konservasi sumber daya alam dan ekosistem, pengendalian DAS dan rehabilitasi hutan, pengelolaan hutan lestari, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, pengelolaan sampah, limbah dan bahan beracun berbahaya, pengendalian perubahan iklim, perhutanan social dan kemitraan lingkungan, penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan dan pengembangan SDM, standardisasi instrument LHK, kesekretariatan dan pengawasan.

Menurut Apik Karyana, perguruan tinggi merupakan mitra strategis karena perguruan tinggi memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan pemahaman mengenai pengetahuan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan dan saat ini KLHK sudah menyiapkan beberapa Nota Kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Raden Fatah Palembang, Drs. Jumari, menyampaikan rasa antusias nya menyambut kerja sama ini. Jumari mengatakan sangat menantikan kolaborasi ini agar cita-cita UIN Raden Fatah Palembang dalam mewujudkan perguruan tinggi yang ramah lingkungan dapat terwujud.

Dalam kesempatan ini, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Palembang, Bayu Subekti sangat mengapresiasi rencana pembangunan Kampus Hijau yang akan dibangun oleh UIN Raden Fatah Palembang dan siap memberikan dukungan berupa penguatan pada penerapan Standar Pelayanan Masyarakat pada Fasilitas-Fasilitas Publik (SPM-FP) Perguruan Tinggi. Selain itu, Bayu juga memaparkan potensi lain yang dapat mendukung pengembangan aktivitas pengajaran dan riset di UIN Raden Fatah Palembang berupa pemanfaatan fasilitas KHDTK Litbang yang berada di bawah pengelolaan BPSILHK Palembang. (Fitri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.